REDAKSI88.COM- Keraguan untuk menikah acap kali dirasakan oleh seseorang, sementara menikah merupakan suatu ibadah dengan proses pengikatan janji suci antara laki-laki dan perempuan.

Islam memandang bahwa pernikahan merupakan sesuatu yang sakral, yang memiliki makna sebagai ibadah kepada Allah SWT dan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.

Menikah yang akan dilaksanakan merupakah hal atas dasar keikhlasan, tanggungjawab dan mengikuti ketentuan-ketentuan hukum yang harus diindahkan.

Tujuan menikah di dalam Islam merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan agama. Dengan menikah maka separuh agama telah terpenuhi.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda, “Apabila seorang hamba menikah maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Namun begitu, dalam perjalanannya meski seseorang sudah melakukan ‘taaruf’ untuk menuju ke jenjang pernikahan. Tapi masih ada saja rasa keraguan untuk menjalankan ibadah ini.

Seperti dilansir dari laman @nikahbutuhilmu berikut ini 5 tips menepis keraguan untuk menikah, diantaranya adalah:

1. Pahami hakikat pernikahan sesungguhnya

Menikah hanya karena cinta itu biasa. Tapi, saat kita menikah dengan kesungguhan hati untuk beribadah kepada Allah SWT itu baru luar biasa.

Kita tidak menganggungkan perasaan kita sehingga menganggap pernikahan memiliki arti sebatas cinta dan kesenangan saja.

Tapi kita memiliki pemahaman yang baik, bahwa menikah adalah rangkaian ibadah kepada Allah yang tidak hanya terucap dalam lisan, namun terpatri pada lubuk hati mendalam.

2. Jangan merasa rendah diri

Seringkali ada perasaan insecure (perasaan tidak percaya diri) dikala kita berkeinginan untuk menikah. Itu tanda kita belum siap seutuhnya.

Maka, belajar untuk menepis rasa insecure kita adalah upaya yang sangat baik untuk kita tuntaskan terlebih dahulu.