REDAKSI88.COM- Penyakit flu dan batuk sangat rentan menyerang kondisi tubuh seseorang saat memasuki cuaca di musim pancaroba.

Musim pancaroba membuat kondisi tubuh menjadi labil dan sangat rentan sekali terkena berbagai jenis penyakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yale University menunjukkan bahwa di musim pancaroba suhu udara mengalami penurunan.

Pada akhirnya menjadi kondisi yang sangat sempurna bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak, terutama flu dan batuk.

Flu dan batuk merupakan dua penyakit berbeda, meski sama-sama menimbulkan gejala bersin-bersin, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, dan hidung berair.

Perbedaan flu dan batuk tidak hanya terletak pada virus penyebabnya, tapi juga tingkat keparahannya.

Seperti dilansir dari laman @ferroliofficialid, beberapa tips atau cara untuk mencegah flu dan batuk sebagai berikut:

1. Rajin mencuci tangan

Ketika seseorang yang sedang sakit flu, bersin, dan batuk hindari mengusap ingus dengan tangan. Setelah itu menyentuh benda-benda seperti telepon, gagang pintu, remote, dan peralatan lainnya.

Bila benda tersebut disentuh maka akan tercemar oleh virus penyebab flu. Jika Anda menyentuh benda-benda tersebut, maka bibit penyakit flu akan berpindah ke tangan Anda.

Bahkan, anda pun akan mudah tertular saat menyentuh mulut, mata, mengusap hidung, atau makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, salah satu tips mencegah flu yang paling dianjurkan adalah sering mencuci tangan. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan dan menyentuh area wajah.