REDAKSI88.COM– Doa buka puasa Ramadhan wajib diketahui oleh seorang Muslim, bentuk rasa syukur ini dilakukan seorang Muslim dengan cara memanjatkan doa pada saat buka puasa.

Doa buka puasa ini tentunya dilakukan seorang Muslim setelah menjalankan ibadah puasa dengan menahan dahaga dan lapar dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Detik-detik saat doa buka puasa dibacakan setiap umat Islam tentunya terpancar kebahagiaan yang tak terkira didalam hatinya. 

Karena doa merupakan adab, dengan cara memanjatkan doa buka puasa adalah salah satu momentum, dimana seorang Muslim berpeluang besar doanya segera dikabulkan Allah SWT. 

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut ini yang artinya; “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: seorang pemimpin yang adil, seorang yang berpuasa saat berbuka dan doa orang yang terzalimi, doanya diangkat di atas awan dan pintu-pintu langit dibukakan,” (HR. Tirmidzi no. 2449).

Doa merupakan permohonan, harapan, permintaan, atau pujian kepada Tuhan. Doa juga dapat diartikan sebagai percakapan atau dialog dengan Allah SWT.

Sebagaimana dilansir dari laman mui.or.id, doa sangat umum dan tidak terbatas selama doa tersebut mengandung makna kebaikan. Terkait doa buka puasa, Imam al-Nawawi (w. 676 H.) dalam karyanya al-Adzkar menampilkan 5 ragam doa.

1. Doa yang berasal dari riwayat Abu Daud dari Sahabat Ibnu Umar ra., bahwa Rasulullah ketika berdoa buka puasa membaca:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu, wa tsabatal ajru insya Allah

Artinya: “Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, dan telah ditetapkan pahala insya Allah.” (HR. Abu Daud no. 2010)

2. Masih riwayat Abu Dawud dari Mu’adz bin Zahrah, ia bercerita bahwa Rasulullah pernah saat berdoa buka puasa membaca doa sebagai berikut:

Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika aftartu

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.” (HR. Abu Daud no. 2011)

Sementara di kalangan masyarakat kita, doa ini sering dibaca;