REDAKSI88.COM- Memasuki bulan Ramadhan seluruh umat Islam menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Berpuasa menahan lapar dan dahaga yang dilakukan oleh seorang Muslim kurang lebih 12 jam lamanya. 

Dengan begitu kondisi yang dialami bagi orang yang menjalani ibadah puasa, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tubuh mereka tidak terpenuhi kebutuhan vitamin harian selama menjalani puasa. 

Sementara di bulan puasa intensitas seorang Muslim lebih padat menjalankan kewajiban guna meningkatkan ibadah, dari bangun di sepertiga malam  maupun dilanjutkan santap sahur.

Sehingga kondisi seperti ini akan membuat pola tidur yang tidak teratur, kondisi yang demikian ini akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh pada seseorang. 

Sehingga, panduan atau tips agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan menjadi penting untuk diketahui agar tubuh tetap bugar saat menjalani ibadah puasa. 

Berikut ini adalah tips sehat selama puasa di bulan ramadhan, agar kondisi tubuh kita senantiasa dalam kondisi yang fit dan tidak ada kendala saat menjalani ibadah puasa dan tidak mengganggu aktivitas lainnya. Diantaranya adalah ;

1. Menjaga pola makan sahur yang baik. 

Selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan makan pada saat sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh agar aktivitas lainnya ketika di siang hari tidak terganggu. 

Oleh sebab itu, bagi orang yang menjadi ibadah puasa untuk perbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayur. Hindari sedapat mungkin makanan yang berminyak karena akan menyebabkan kantuk di siang hari. 

2. Menjaga pola makan saat berbuka puasa.

Disarankan makan makanan yang secukupnya dan secara bertahap pada saat berbuka puasa, dahulukan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.