REDAKSI88.COM– Seorang Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada awal pertama 10 hari bulan Ramadhan akan mendapatkan keistimewaan yakni rahmat dari Allah SWT. 

Pada awal menjalankan ibadah di bulan Ramadhan merupakan titik terberat seorang Muslim saat melakukan puasa karena harus terbiasa dengan aktivitas tanpa makan dan minum. 

Namun begitu, mungkin sebagian umat Islam belum mengetahui keistimewaan 10 hari kedua Ramadhan yang perlu diketahui oleh seorang Muslim dalam melakukan ibadah puasa. 

Sebagaimana disebutkan dalam hadits bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmat pertengahannya Maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka”.

Keistimewaan pada 10 hari kedua ini, Allah SWT akan membukakan pintu maghfiroh atau ampunan yang seluas-luasnya kepada umat Islam di bulan Ramadhan. 

Maka dari itu, sebagai seorang Muslim jangan sampai kita melewatkan hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT pada 10 hari kedua ini disia-siakan begitu saja. 

Inilah momen yang paling tepat untuk memperbanyak ibadah dan berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT, atas semua dosa dan kekhilafan yang telah kita lakukan di masa lalu agar kita mendapatkan ampunan-Nya. 

Sebagai seorang Muslim sebaiknya pada 10 hari kedua bulan Ramadhan dianjurkan untuk meningkatkan ibadah. Diantaranya adalah, perbanyak shalat malam tahajud, berdzikir, dan membaca al-quran. 

Selanjutnya, memperbanyak doa dengan sungguh-sungguh serta bertaubat memohon ampunan kepada Allah SWT dari hati yang paling dalam. 

Sebab, jangan sampai bulan Ramadhan berlalu dan pergi meninggalkan kita begitu saja. Alangkah ruginya sebagai umat Islam saat berpisah dengan Ramadhan tidak melakukan ibadah yang optimal dan sungguh-sungguh. 

Adapun keistimewaan pada malam 10 hari kedua pada bulan Ramadhan selain mendapatkan maghfirah atau ampunan, juga mendapatkan keistimewaan lainnya, antara lain adalah: