Allahummalakasumtu wabika aamantu wa’alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin

Artinya: “Ya Allah Dzat yang Maha Pemurah dari segalanya, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki dan kasih sayang-Mu aku berbuka.”

3. Riwayat dari Ibnu Sunni dari Mu’adz bin Zahrah bahwa Rasulullah SAW saat berbuka puasa membaca doa buka puasa sebagai berikut;

Alhamdulillahilladzi a’aananii fashamtu, wa razaqanii faafthartu

Artinya:” Segala puji bagi Allah yang menolongku maka aku dapat berpuasa, dan yang telah memberiku rezeki sehingga aku dapat berbuka.” (HR. Ibnu Sunni)

4. Masih dalam riwayat dari Ibnu Sunni, tapi dari Sahabat Ibnu Abbas. rasulullah SAW pernah membaca doa buka puasa;

Allahumma shumnaa, wa ‘alaa rizqika aftharnaa, fataqabbal Minna innaka antas samii’ul ‘aliim

Artinya: “Ya Allah, karena Kamu kami berpuasa, dan dengan rizki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (HR: Ibnu Sunni)

5. Selanjutnya berdasarkan riwayat Ibnu Majah dan Ibnu Sunni, dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW pernah membaca doa buka puasa;

Allahumma inni as aluka birahmatikal latii wasi’at kulla syai in antaghfira lii

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku.” (Lihat selengkapnya: al-Nawawi, al-Adzkar, hlm. 190)

Itulah lima ragam doa buka puasa yang pernah diamalkan oleh Rasulullah SAW. Dari Kelima doa di atas dapat kita baca ketika ingin berbuka puasa. 

Namun begitu, kita tinggal memilih salah satu dari doa di atas yang paling mudah kita hafal dan lebih afdhol menurut kita.