REDAKSI88.COM– Memperbanyak amal ibadah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan bagi umat Islam, terutama amalan-amalan sunnah apabila ditinggalkan terasa amat rugi bagi seorang Muslim. 

Bila seorang Muslim ikhlas dan istiqamah dalam menjalankan amalan sunnah ini, tentunya akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan di bulan Ramadhan. 

Apalagi bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Dimana bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi seorang Muslim sebagai bulan pengampunan. 

Selain mengerjakan amalan wajib pada bulan Ramadhan menambah amalan sunnah sangat baik sekali. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. 

“Dan, barangsiapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari-Muslim).”

Hadist diatas mengajarkan kita sebagai seorang Muslim untuk lebih giat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, terutama amalan sunnah yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan ganjaran yang setimpal pula. 

Seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini 5 amalan sunnah di bulan Ramadhan yang wajib diketahui, antara lain adalah:

1. Membaca Alquran 

Membaca al quran merupakan amalan sunnah yang dikategorikan sebagai amalan khusus, karena bisa langsung digabungkan dengan amalan puasa.

2. Berbuka puasa dengan makanan manis.

Ketika berbuka puasa dengan makanan-makanan yang manis merupakan amalan sunnah yang dilakukan oleh seorang Muslim saat ia berbuka puasa.