Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak ketika berbuka puasa akan menyebabkan perut menjadi sesak, sehingga akan mengganggu kegiatan ibadah yang lainnya. 

3. Menjaga pola makan malam

Kebiasan makan terlalu banyak pada malam di bulan puasa akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Maka makan malam di bulan puasa secara berlebihan segera dihindari. 

Selain itu, hindari pula mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan minuman soda karena mengkonsumsi minuman tersebut secara berlebihan akan menyebabkan sulit tidur dan banyak menimbun lemak.

 4. Menjaga aktivitas fisik minimal 30 menit.

Meskipun seorang Muslim menjalani ibadah puasa, aktivitas fisik sangatlah penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh seseorang dalam berpuasa.

Dimana aktivitas fisik selama 30 menit dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Diantaranya, membuat tubuh bugar, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, hingga kesehatan pencernaan.

5.Menjaga pola tidur

Menjaga pola tidur saat seorang Muslim menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan sangatlah penting. Sebab menjaga dan mengatur pola tidur akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh saat seseorang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

Lakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam atau banyak begadang. Kemudian hindari aktivitas untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Itulah tips sehat selama puasa di bulan ramadhan, dengan menerapkan panduan di artikel ini diharapkan kita mampu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan.