REDAKSI88.COM– Sebagai manusia, kita sering sekali diberi ujian dengan berbagai situasi dan keadaan dalam menjalani kehidupan duniawi ini. 

Ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada seseorang merupakan suatu pertanda bahwa Allah sedang mengangkat derajat orang tersebut. 

Bisa saja Allah SWT memberikan ujian berupa kelapangan atau berkecukupan dan keadaan sempit atau tidak memiliki apa-apa. 

Namun ujian yang diberikan Allah SWT kepada seseorang itu tentunya dengan keadaan dan situasi yang berbeda-beda yang dialami seseorang.

Lantas mengapa Allah SWT memberikan ujian kepada manusia? Rahasia dibalik ujian yang Allah SWT berikan kepada kita adalah guna memilih orang-orang tertentu untuk diangkat derajatnya. 

Karena dengan perjuangan dan kesungguhan yang dilakukan oleh seseorang tersebut sehingga membuat Allah SWT ridha dan mencintai seseorang itu. 

Seseorang yang sedang diangkat derajatnya, akan dihadapkan dengan beberapa situasi dan keadaan untuk menguji keyakinan dan keteguhan iman yang dimilikinya.

Seperti apakah pertanda Allah sedang mengangkat derajat seseorang? Berikut ini ulasannya dikutip dari berbagai sumber;

1. Diuji dengan berbagai masalah

Seseorang yang diuji dengan berbagai masalah yang dialaminya bukan membuat mereka hancur, akan tetapi menjadikan mereka lebih tabah dan sabar serta ridha terhadap ketentuan Allah SWT. 

Karena setiap ujian yang diberikan oleh Allah SWT sesuai dengan batas kemampuan hambanya masing-masing. Sebagaimana disebutkan dalam Surah Al Baqarah ayat 286 yang artinya: 

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya.

(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”