REDAKSI88.com – Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian pimpin rapat koordinasi penanggulangan bencana bersama pimpinan daerah lainnya mengirimkan arah Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam pelaksanaan Rakornas BP tahun 2023 di ruang pola Sekdakab setempat, Senin (13/3/2023).

Dimana berdasarkan arahan presiden RI, perubahan iklim yang menyebabkan bencana alam, siaga dan waspada menjadi kunci penting, pelaksanaan prabencana, tanggap darurat dan pascabencana.

“Harus dikelola dengan baik, bagaimana memberikan perhatian kepada masyarakat dalam mengantisipasi kejadian bencana, sehingga meminimalisir terjadinya kerugian maupun adanya korban,” kata Bupati Mian.

Bupati Mian menyatakan, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan antisipasi menjadi hal yang perlu diperhatikan dan pemerintah daerah menjadi ujung tombak, agar dapat mengidentifikasi potensi bencana di daerah masing-masing.

“Siapkan anggaran, memasukan resiko bencana dalam rencana investasi, perencanaan, sehingga jelas mana tempat yang boleh dan tidak boleh dilakukan pembangunan, Pemerataan bantuan dan jangan mempersulit aturan dalam menyalurkan bantuan,” jelas Bupati Mian.