By: Rizal Piliank

Pasar Purwodadi Argamakmur salah satu tonggak sejarah berdirinya Kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

Saksi bisu, disematkan atau dinobatkan oleh Kepala daerah kala itu dengan nama Pasar Purwodadi karena salah satu pusat perdagangan untuk bertransaksi jual beli yang terletak di pusat Kota Argamakmur.

Pasar Purwodadi adalah pasar yang paling terlengkap, dan juga menjadi pusat perekonomian Bengkulu Utara karena salah satu pasar terbesar di Bengkulu Utara.

Pasar Purwodadi disamping menyediakan berbagai kebutuhan untuk masyarakat Kecamatan Kota Arga Makmur, juga menjadi tujuan masyarakat kecamatan di sekitarnya untuk berbelanja.

Sejak menjadi pasar terbesar di Kota Argamakmur, Pasar Purwodadi sudah berapa kali dilakukan perbaikan dan pemugaran baik sisi bangunan maupun sarana prasarananya oleh pemerintah setempat.

Nama Pasar Purwodadi mungkin representasi sosial, sebab sejak berdirinya di wilayah sekitar Pasar Purwodadi kala itu lebih didominasi oleh transmigrasi masyarakat Jawa. Hingga akhirnya melekat nama Pasar Purwodadi.

Mendadak pada Minggu (04/04/2021) sekira pukul 03:00 WIB dini hari masyarakat digegerkan, ganasnya si jago merah. Bangunan serta isinya luluh lantak diterjang si jago merah, yang tinggal hanya puing puing bangunan semata.