REDAKSI88.COM– Kelicikan atau licik sering kali kita dengar dalam pergaulan sehari-hari di tengah masyarakat. Menurut KBBI kata licik adalah banyak akal yang buruk, pandai menipu, culas, atau curang. 

Sedangkan arti kelicikan adalah kepandaian memutarbalikkan perkataan, kecurangan dan atau keculasan. 

Kita mungkin pernah bertemu dengan orang-orang seperti ini. Orangnya selalu tersenyum, berbicara dengan lembut dan tampaknya selalu siap untuk membantu. 

Namun, fakta dibalik kebaikan mereka terkadang tersembunyi kelicikan yang sulit dideteksi. Lantas bagaimana kita dapat mengetahui seseorang itu betul-betul baik dan tulus dan atau hanya sekedar berpura-pura baik. 

Sikap licik sangat berbahaya seperti dikutip dari laman an-nur.ac.id, sehingga jangan sampai sifat tersebut ada pada diri kita dan kita juga harus waspada terhadap orang yang bersifat licik. Berikut ini ciri-ciri sifat licik :

1)  Tidak suka melihat orang lain bahagia

Orang seperti ini hatinya sedih dan gelisah ketika melihat orang lain bahagia. Ketika ia melihat saudara atau temannya meraih sukses, maka ia iri lalu berkomentar yang negatif. 

Bahkan ia berharap kebahagiaan yang diperoleh saudaranya itu bisa pindah kepada dirinya. Jika tidak bisa ia berharap nikmat tersebut lenyap. 

Sesungguhnya ini adalah sikap hasad. Tetapi licik lebih berbahaya karena orang yang licik sangat aktif untuk menghalang-halangi orang agar gagal.

2)  Bahagia melihat orang lain menderita.