REDAKSI88.COM – Beredar video percakapan negosiasi menggunakan bahasa daerah antara oknum Kepala Desa (Kades) dengan warganya. ‘Mengutip uang” guna mengisi jabatan perangkat desa. 

Video berdurasi 26 menit 27 detik itu disinyalir suara oknum Kades yang menyebutkan, bahwa soal ujian perangkat desa itu dari Kades bukan dari pihak manapun. 

“Test itu sudah diberikan wewenang dari atasan ke Kades. Dengan biaya 15.500.000 (Lima belas juta lima ratus ribu rupiah),” jelas suara yang diduga merupakan oknum Kades di wilayah Kecamatan Air Besi. Kabupaten Bengkulu Utara. 

Percakapan itu dibalas oleh warga yang mengatakan, bagaimana nanti jika uang yang telah diberikan, dan anak mereka tidak lulus menjadi perangkat desa. 

Kemudian, dalam percakapan itu salah seorang meminta oknum Kades untuk membuat perjanjian secara tertulis, namun oknum Kades mengelak dan meminta persoalan ini hanya dengan omongan saja. 

“Mana mungkin aku ingin membohongi kalian, jika kalian nanti sudah membayar atau mau mencicil saya akan kasih laporan ke atasan perorangan,” yakin oknum Kades.