PESISIR SELATAN, Redaksi88.comBupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar menyampaikan, pemerintah daerah akan menargetkan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Sebutnya dalam acara silaturahmi pengawas dan kepala Sekolah SMP/SLTP se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Acara digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pessel, Kamis (29/07/2021).

“Berbagai upaya telah kita siapkan untuk meningkatkan IPM salah satunya kita telah meluncurkan pendidikan gratis di Kabupaten Pesisir Selatan ini,” kata Bupati.

Menurutnya, indeks pembangunan manusia di Kabupaten Pesisir Selatan masih terbilang rendah dan berada di posisi 12 dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Oleh sebab itu, pendidikan harus dikelola Secara benar, jelas dan dengan proses yang menarik. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi SDM putra putri Pesisir Selatan.

“Kami tidak ingin lagi mendengar adanya anak-anak kita putus sekolah gara-gara tidak ada biaya,” tegasnya.

Bupati pun mengajak seluruh kepala sekolah yang ada di lingkungan pendidikan dan kebudayaan Pessel, bersama memajukan pendidikan dan sinergitas bersama untuk pendidikan TACELAK (tangguh, cerdas dan berakhlak).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Suhendri Zainal menyatakan, bahwa pendidikan gratis di pesisir Selatan sudah di luncurkan, artinya segala biaya/iuran yang dipungut oleh sekolah ditiadakan.