Tujuannya adalah untuk menghindari tubuh kita dari dehidrasi pada saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu mengkonsumsi air putih yang banyak dan teratur dapat mengurangi rasa lapar dan haus. 

  1. Makan Sedikit Tapi Sehat

Biasakan porsi makan lebih sedikit menjelang bulan puasa Ramadhan tiba, agar hal ini nantinya membuat tubuh kita akan terbiasa dengan makanan dan kalori yang lebih sedikit. 

Agar stamina tubuh kita tetap bugar saat menjalani ibadah puasa ada baiknya untuk menghindari makanan berat, garam, dan gula yang nantinya akan memicu reaksi yang tidak diinginkan dalam tubuh kita.

  1. Tidur Secara Teratur

Pola tidur yang tidak teratur menjadi salah satu faktor saat kita akan menjalankan ibadah puasa. Hal ini akan berdampak kepada kondisi stamina tubuh yang bisa saja menjadi lemas dan tidak bersemangat. 

Jadi, biasakan tidur lebih awal disesuaikan dengan aktivitas ibadah-ibadah lainnya yang kita lakukan pada malam hari maupun pada siang hari. Agar stamina tubuh kita tetap sehat dan bugar. 

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayuran sangat disarankan dan baik sekali untuk dikonsumsi sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan. Karena banyak mengandung vitamin dan juga kaya akan mineral. 

Banyak sekali manfaat dari makanan yang mengandung serat bila kita konsumsi. Selain membantu melancarkan pencernaan, konsumsi buah dan sayuran juga dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh saat kita menjalankan ibadah puasa.

  1. Perbanyak Istirahat

Hindari tubuh kita dari begadang sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan, menjelang bulan puasa sangat disarankan untuk menjaga stamina tubuh agar kondisi tubuh kita mendapatkan istirahat yang cukup. 

Mengurangi aktivitas yang tidak terlalu penting agar tubuh kita tidak terbebani, dan beristirahat dengan cukup agar stamina tubuh kita tetap sehat dan bugar saat menghadapi puasa.