REDAKSI88.COM– Tempe salah satu makanan tradisional Indonesia yang sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu, yang kini sudah menyebar ke seluruh pelosok daerah di Indonesia maupun di mancanegara.

Tempe merupakan hasil fermentasi biji-bijian dengan menggunakan jamur Rhizopus Oligosporus yang dapat meningkatkan nilai-nilai gizi yang terkandung didalamnya.

Di Indonesia tempe yang sangat digemari masyarakat berasal  olahan fermentasi dari kedelai, Selain tempe kedelai ada juga jenis tempe yang lainnya yang tidak terbuat dari kedelai.

Sejarah Tempe 

Tempe pada awalnya dibuat dari kedelai hitam. Kata tempe sendiri berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu Tumpi yang berarti makanan yang berwarna putih. 

Sejarah tempe di tanah air dikembangkan di Jawa sebelum abad ke-16 dan dikenal di masyarakat luas. 

Nah, ternyata tempe juga populer di Amerika Serikat pada tahun 1958 oleh Yap Bwee Hwa, orang Indonesia yang pertama kali melakukan penelitian ilmiah mengenai tempe. 

Akan tetapi di Jepang, tempe diteliti sejak tahun 1926 dan baru mulai diproduksi secara komersial sekitar tahun 1983.

Berikut ini fakta tersembunyi jika sering konsumsi tempe dilansir dari berbagai sumber, diantaranya: 

  1. Sehat untuk bayi dan anda yang sedang diet

Dengan kandungan nutrisi yang ada pada tempe, tidak hanya baik bagi vegetarian dan vegan, tempe juga baik dikonsumsi sebagai Makanan Pendamping Asi (MPASI) dan cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang diet.

  1. Sumber protein yang lebih kaya dibanding daging

Kandungan protein pada tempe dapat disetarakan dengan kandungan dalam daging, malah lebih banyak mengandung protein.