REDAKSI88.COM– Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong untuk penanganan Stunting di daerahnya dengan menggelar sosialisasi, di Aula Bappeda kabupaten setempat. Jumat (22/09/2023). 

Wakil Bupati Lebong, Fahrurozi mengatakan, pentingnya peran pemerintah dalam menangani permasalahan stunting. Dimana pemerintah menetapkan stunting sebagai isun prioritas nasional. 

“Stunting merupakan program pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024,” kata Wabup. 

Dalam peraturan presiden No 72 Tahun 2021 tentang prioritas penurunan stunting, dan tentunya merupakan salah satu strategi nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. 

“Fokus utama dalam penanganan stunting adalah menjaga pola makan anak yang bergizi, seimbang dan beragam sesuai dengan usia anak,” ujar Wabup. 

Fahrurozi menjelaskan, edukasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan stunting tentunya sangat diperlukan. Seperti pola asuh anak dari masa hamil hingga lahir. 

“Sanitasi dan akses air bersih serta pelayanan kesehatan juga menjadi tolak ukur dan sangat penting,” ujar Wabup. 

Lanjutnya, kerjasama semua pihak guna mendukung program strategi nasional guna penanganan stunting tentunya dapat diimplementasikan bersama agar tercapai target yang diinginkan.