Selain itu, dalam menghadapi masa sulit tidak ada cara lain melainkan berserah diri dan menyandarkan segala persoalan kepada Allah. 

Sebagaimana Allah S.W.T berfirman, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (hamba).” (Q.S Al Baqarah: 286).

Seseorang yang belajar dari masa sulit itu, selain terbentuk karakter atau kepribadian tangguh juga memiliki rasa percaya diri yang kuat. 

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada Mukmin yang lemah.” (H.R. Muslim)

Berikut ini 7 motivasi di masa sulit yang harus diingat agar kamu menjadi tegar sebagai cambuk agar mendorong diri kita menjadi lebih baik dan bangkit dari kesusahan yang sedang dihadapi. Antara lain:

  1. Semuanya bisa dan pasti akan berubah. 
  2. Kamu sudah berhasil melalui hal-hal sulit sebelumnya, kali ini pun pasti bisa!
  3. Masa-masa sulit ni adalah kesempatan belajar untukmu. 
  4. Belum juga mendapatkan yang kamu inginkan bukan berarti Tuhan tidak sayang padamu, percayalah ini pasti yang terbaik, dan akan terkabul di waktu yang tepat. 
  5. Tetap perhatikan dan rawat dirimu (self-care). 
  6. Jangan jadi terlalu keras pada diri dan menjadikan keadaan ini alasan untuk membenci. 
  7. Dalam keadaan sesulit apapun, selalu ada yang bisa kamu syukuri.

Itulah 7 motivasi untuk diri kita, agar lebih tangguh lagi kedepannya dalam meraih impian maupun Cita-cita meskipun masa-masa sulit itu masih kita jalani.