REDAKSI88.COM– Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Bank Kaltimtara di Ibukota Negara Nusantara (IKN), Jumat (01/03). 

Jokowi mengatakan pembangunan kawasan klaster keuangan, klaster industri oleh Bank Mandiri, Bank BNI dan juga Bank BRI baru saja dimulai. 

“Semuanya masuk ke digital banking yang ada di IKN, ini merupakan konsep bahwa di IKN akan menjadi ekonomi baru yang akan menjadi transformasi ekonomi Indonesia,” sebut Jokowi. 

Peletakan batu pertama Bank Kaltimtara masuk dalam kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan modal terbesar di tanah air, dan Bank Kaltimtara kedepannya dapat membangun konsorsium. 

“Dengan terbentuknya konsorsium dengan BPD-BPD yang lainnya di kawasan Kalimantan, Bank Kaltimtara bisa menjadi koordinatornya. Sehingga kekuatan modalnya menjadi semakin kuat dan bisa bersaing dengan bank-bank lainnya,” ujar Jokowi. 

Jokowi mengharapkan, sinergi antara Bank Himbara dan Bank Kaltimtara kedepannya dapat memberikan pelayanan keuangan kepada masyarakat terutama adalah UMKM. 

“Kita harapkan ekonomi di pulau Kalimantan menjadi semakin baik,” imbuh Jokowi.