3. Jangan suka membandingkan

Jauhkan dirimu dari sifat yang suka membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Kebanyakan membandingkan hidupmu dengan orang lain akan membuat kamu capek. 

Hidup kita bukan untuk membandingkan, tapi menjalankan segala sesuatunya dengan niat yang baik. Sebab, bak kata pepatah lama “Siapa yang menabur maka dia yang menuai” padi yang ditanam tak kan mungkin tumbuh ilalang. 

4. Jangan Iri

Hidari dari kata iri ketika kamu melihat orang lebih sukses darimu. Bisa saja kesuksesan yang saat ini kamu jalani masih tertunda saja. Iri merupakan penyakit hati yang mana tidak senang saat melihat orang lain bahagia, sukses, atau mendapat rezeki lebih. 

Ada baiknya sifat iri ini kamu gunakan untuk memotivasi dirimu atau cambuk dalam dirimu lebih semangat dan giat lagi dalam mengejar cita-cita atau keinginan yang belum kamu capai. Memiliki rasa syukur akan lebih baik dan tidak akan menyiksa dirimu. 

5. Jangan Mengejar Dunia

Kesuksesan di dunia bukanlah hal yang mutlak untuk diupayakan. Justru kesuksesan tersebut haruslah menjadi dasar pencapaian kehidupan sukses di akhirat. Bisa saja harta dan kedudukan akan menjadi fitnah bila kamu tidak dapat menjaganya dengan baik. 

Sebab, dunia ini bagaikan fatamorgana. Ketika kamu sedang berada di pinggir jalan pada siang hari yang terik, lalu kamu memandang jauh ke jalan raya dan ternyata terlihat seperti ada air di atas aspal. Namun, ketika kamu mendekati air tersebut ternyata tidak ada. 

Seperti halnya ketika kamu mengejar dunia, tidak akan pernah puas dan habisnya sementara waktu terus berlalu dan dimakan usia. Dan pada akhirnya yang kamu kejar tak akan bersua.