REDAKSI88.COM– Tanggal 8 dzulhijjah merupakan hari Tarwiyah sehari sebelum hari Arafah atau sebelum hari raya Idul Adha. Umat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa sunnah yang biasa disebut puasa Tarwiyah. 

Jadwal puasa Tarwiyah atau tanggal 8 Dzulhijjah 1444 H bertepatan dengan Selasa, 27 Juni 2023 berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan pemerintah Indonesia. 

Banyak fadhilah dan keutamaan barang siapa berpuasa pada hari itu, Allah SWT akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka tiga puluh pintu kesenangan dan kemudahan.

Selanjutnya, barangsiapa yang berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh Allah SWT.

Sebagaimana seperti dikutip dari NU Online, pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, termasuk puasa tarwiyah ini mendapatkan pelipatan pahala dibanding ibadah di bulan lainnya. 

Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW, “Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR At-Tirmidzi).