REDAKSI88.COM– Puasa Arafah, ibadah sunnah yang sering dikerjakan umat muslim bertepatan dengan hari Arafah pada tanggal 9 dzulhijjah dalam perhitungan kalender Islam.

Pelaksanaan ibadah puasa Arafah dianjurkan bagi umat muslim  yang tidak melaksanakan ibadah haji, adapun untuk orang yang sedang melaksanakan ibadah haji tidak disunnahkan untuk berpuasa Arafah. 

Dengan begitu, bagi umat muslim yang belum mampu menunaikan ibadah haji karena keterbatasan biaya. Tidak usah khawatir sebab dapat menjalankan ibadah yang tidak kalah tinggi pahalanya yakni puasa Arafah. 

Hari Arafah merupakan waktu yang sangat istimewa dan memiliki keutamaan-keutamaan bagi umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di Makkah. 

Dimana waktu tersebut puncak berkumpulnya orang-orang yang sedang menjalankan ibadah haji untuk wukuf di Padang Arafah tepatnya sehari sebelum hari raya Idul Adha. 

Selain itu, umat muslim di seluruh dunia menyambut hari Arafah dengan melaksanakan puasa sunnah, bahwa hari Arafah adalah waktu yang sangat di unggulkan. 

Puasa sunnah Arafah sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa bisa menghapus dosa setahun yang Ialu dan yang akan datang. 

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang Ialu.” (HR.Muslim).