REDAKSI88.COM– Guna menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu gelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024 untuk rehabilitasi kolam air tawar di Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Kabupaten Bengkulu Utara.

Syafriandi SE, ST, M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu mengatakan pihaknya saat ini melakukan perbaikan kolam dan siring untuk memaksimalkan kolam pembesaran ikan air tawar.

“BPBAT ini akan kita lakukan perubahan nomenklatur menjadi UPTD dan sekarang kita sudah dapatkan. Kita juga sudah mengajukan usulan ke Kementerian, Insha Allah tahun depan kita mendapatkan kembali kucuran dana untuk perbaikan kolam lainnya,” ujar Syafriandi, Kamis (27/6/2024).

Syafriandi menyebutkan, sedikitnya 53 kolam di BPBAT Bengkulu Utara kedepannya dapat dimanfaatkan. Selain itu, BPBAT Bengkulu Utara merupakan salah satu tiga besar se-Indonesia yang merupakan kolam air deras.

“Insha Allah untuk tahun depan bilamana sudah diperbaiki, peningkatan PAD kita dapat mencapai 500 juta dari Bengkulu Utara untuk tahun 2026. Selanjutnya kita akan hidupkan kembali penyuluhan terhadap ikan karena sesuai dengan fungsinya,” jelasnya.