By Rizal Piliank

REDAKSI88.COM- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 36 tingkat Provinsi Bengkulu hanya menghitung hari, dan akan segera dimulai. Hal ini ditandai dengan launching maskot event MTQ yang diresmikan pada 20 Mei 2024, oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah Pemkab Bengkulu Utara. 

MTQ salah satu festival keagamaan umat Muslim Indonesia yang diselenggarakan untuk mengagungkan Al-Qur’an. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an bagi umat muslim. Event MTQ juga merupakan wahana silaturahim guna mendorong semangat serta minat baca masyarakat terhadap Al-Qur’an.

Biasanya pada event MTQ, para peserta berlomba mengaji Al-Qur’an dengan menggunakan Qira’at. Dalam event MTQ sering pula diisi dengan perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya ilmiyah Al-Qur’an, dan hafalan Al-Hadis.

Baca Juga : ASA yang Dinanti

Seperti kabupaten/kota maupun provinsi di dalam wilayah Provinsi Bengkulu, biasanya setiap kegiatan daerah untuk menyampaikan pesan atau pun pengumuman, gambar kepala daerah dan wakil kepala daerah sering terpajang di baliho. Gambar kepala daerah dan wakil kepala daerah yang terpajang di baliho merupakan suatu simbol pemimpin daerah.

Dinamakan suatu daerah karena ada kepala daerah dan wakil kepala daerah, kepala daerah maupun wakil kepada daerah memiliki tupoksi yang sama untuk membangun suatu daerah yang dipimpinnya. Kendati ada perbedaan soal tupoksi yang dijalankan oleh kepala daerah maupun wakil kepala daerah.