Site icon Redaksi88.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Konsolidasi RKPDes

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Konsolidasi RKPDes

REDAKSI88.COM– Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara menggelar kegiatan penguatan program Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) 2023.

Kegiatan ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 terkait prioritas Dana Desa (DD) diarahkan untuk mempercepat pencaipaian tujuan SDGs Desa.

Terdapat tiga poin penting untuk ditindaklanjuti dan disikapi dalam Permendes itu, diantaranya untuk pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan mitigasi serta penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa.

Selanjutnya untuk pengembangan usaha ekonomi produktif yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa dan Badan Usaha Milik Desa Bersama dan juga pengembangan desa wisata yang merupakan pencapaian pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan desa.

Sedangkan perbaikan dan konsolidasi data SDGs dan pendataan perkembangan melalui Indeks Desa Membangun (IDM).

Saat ini di Kabupaten Bengkulu Utara terdapat desa dengan kategori tertinggal berjumlah 8 desa, 136 desa berkembang, 64 desa maju dan 7 desa mandiri.

Sedangkan penggunaan dana desa untuk ketahanan pangan nabati dan hewani dianggarkan oleh Pemerintah Desa melalui Dana Desa. 

Melalui sub bidang pertanian dan peternakan seperti peningkatan produksi tanaman pangan, serta peningkatan produksi peternakan di tingkat desa, dan lainnya sesuai kebutuhan desa.

Kemudian untuk kegiatan ketahanan kelautan dan perikanan seperti pemeliharaan keramba atau kolam perikanan darat milik desa, bantuan bibit ikan, pelatihan dan pengenalan tentang perikanan darat maupun nelayan.

Terpenting yang paling sederhana dan dapat dilakukan masyarakat desa adalah pemanfaat lahan pekarangan dengan menjadikan tanam tumbuh bergizi dan sehat guna mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga. Sehingga ini dapat menekan belanja keluarga dan peningkatan gizi keluarga. (Adv)

Exit mobile version