Waspada! 13 Kecamatan di Bengkulu Utara Berpotensi Rawan Banjir 

Waspada! 13 Kecamatan di Bengkulu Utara Berpotensi Rawan Banjir
Kepala Pelaksana BPBD Bengkulu Utara, Eka Hendriyadi MH.

REDAKSI88.com – 13 Kecamatan didalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu berpotensi rawan banjir. 

Hal ini dikatakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara, Eka Hendriyadi MH, (10/2/2022).

“Sebelumnya ada 9 kecamatan yang menjadi titik yang berpotensi rawan banjir. Saat ini bertambah lagi di 4 wilayah yaitu, Kecamatan Pinang Raya, Ketahun, Ulok Kupai dan Kecamatan Padang Jaya,” ujar Eka. 

Eka tidak menampik bertambahnya wilayah yang berpotensi banjir ini selain dampak cuaca yang cukup ekstrim, didominasi pula banyaknya hutan yang gundul, pendangkalan aliran air sungai dan kurangnya daerah resapan air. 

“Mengingat cuaca yang masih belum menentu kita menghimbau pihak kecamatan melalui grup WhatsApp agar informasi dari BMKG terus dipantau, dan selalu memantau keadaan alam di wilayahnya masing masing,” kata Eka. 

Untuk wilayah yang terdampak banjir, bantuan logistik dari BPBD maupun dari instansi lain seperti Dinas Sosial maupun dari kementerian sudah disalurkan. 

“Alhamdulilah bantuan logistik sudah didistribusikan guna meringankan beban masyarakat korban banjir. PMI pun sudah bergerak dan obat-obatan dari Dinas Kesehatan sudah stand by dan siap disalurkan,” demikian Eka.

Berdasarkan rekapitulasi daerah berpotensi banjir dari BPBD Bengkulu Utara 13 Kecamatan tersebut diantaranya, Kecamatan Argamakmur, Air Besi, Kerkap, Tanjung Agung Palik, Lais, Batik Nau, Marga Sakti Sebelat, Putri Hijau, Giri Mulya, Ketahun, Pinang Raya, Ulok Kupai, Padang Jaya. [Yg4]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *