Berita  

Upaya Pencegahan Stunting, Pemdes Retes Salurkan Bantuan Gizi

Kades Retes, Hasan berikan susu kepada ibu menyusui.

BENGKULU UTARA, redakai88.com — Pemerintah Desa Retes, Kecamatan Air Padang, Kabupaten Bengkulu Utara laksanakan kegiatan penanganan stunting yang merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa (DD) 2020.

Pemanfaatan DD untuk penanganan stunting ini dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif, bagi warga desa yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting.

“Giat ini kita lakukan bersama kader pemberdayaan desa dan seluruh pemangku kepentingan di desa, merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting ini,” kata Kepala Desa Retes, Hasan baru-baru ini.

Upaya penurunan stunting yang dilakukan pihaknya, kata Hasan, dengan memberikan penyediaan makanan sehat untuk peningkatan gizi balita dan anak, serta perawatan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui. 

“Kita berikan susu, kacang hijau sebagai kebutuh gizi kepada anak-anak dan juga kepada ibu hamil maupun ibu menyusui,” jelas Hasan. 

Dijelaskan juga oleh Hasan, pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di desa khususnya stunting, pihaknya mendayagunakan sumber daya yang ada di desa.

“Kita melibatkan kader kesehatan, masyarakat desa dengan pemerintah desa, BPD. Untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah stunting ini,” ungkap dia. [arh]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *