Taman Wisata Alam PLG Seblat Mungkinkah Terlupakan?

  • Share
Taman Wisata Alam PLG Seblat.

REDAKSI88.com – Taman Wisata Alam (TWA) Seblat yang juga merupakan lokasi Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Sumatera Provinsi Bengkulu di Desa Sukabaru Kecamatan Marga Sakti Seblat Kabupaten Bengkulu Utara. Salah satu destinasi wisata yang paling digemari wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah, yang mungkin terlupakan. 

Kawasan wisata satu ini bila dikunjungi akan mengocok perut  baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kendati begitu, tetap ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah dan tidak berpengaruh meski di masa pandemi Covid 19.

“Setiap hari ramai dikunjungi, buka pukul 8:00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, saat ini ada 3 gajah jantan dan 7 yang betina” kata Suwaji salah satu pawang Gajah, (12/9/2021). 

Sementara itu, disinggung apakah sudah ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk pengembangan Taman Wisata Alam PLG ini. Kepala Desa Sukabaru, Wakidi menyebutkan, untuk pengembangan Taman Wisata Alam PLG sejauh ini belum ada perhatian dari pihak pemerintah daerah maupun provinsi. 

“Memang belum ada pembangunan khusus yang dilakukan pemerintah daerah maupun provinsi untuk pengembangan Taman Wisata Alam PLG ini,”  ungkapnya. 

Wakidi juga mengatakan, upaya pengembangan Taman Wisata Alam PLG ini hanya menggunakan dana desa (DD), dan itu pun dianggarkan bertahap tidak bisa dianggarkan sekaligus untuk kebutuhan Taman Wisata Alam PLG. 

“Ini merupakan upaya awal yang kami lakukan terlebih dahulu, agar ini menjadi perhatian pemerintah pusat, provinsi maupun daerah,” ujar dia. 

Ditambahkan Wakidi, pihaknya berharap kepada pemerintah pusat, provinsi maupun daerah agar kawasan wisata PLG ini dapat dibangun, karena kawasan wisata ini berbeda dengan wisata lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu. 

“Sudah kita sampaikan melalui Musrenbangcam, mungkin karena refocusing anggaran sehingga belum terlaksana,” pungkas Wakidi. [arh]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *