Rafflesia Ghadutensis Mekar di Kawasan Hutan Boven Lais Kemumu

  • Share
Rafflesia Ghadutensis.

Bengkulu Utara, redaksi88.com — Kurun waktu tiga bulan, bunga Rafflesia jenis Ghadutensis bertahan mekar di kawasan objek wisata Palak Siring Hutan Lindung Boven Lais Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara.

Anggota Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Agung, kepada awak media ini mengatakan mulai dari bulan September, Oktober, hingga November sudah tercatat sebanyak 12 kali bunga Rafflesia  ini mekar. Kamis (29/11).

Dari 12 bunga tersebut, hanya 1 bunga yang tumbuh di area wisata Palak Siring, dan selebihnya banyak tumbuh di Kawasan Hutan Lindung Boven Lais Kemumu, dan ada pula yang mekar dengan ukuran diameter 58 centimeter.

Bunga Rafflesia ini dapat mekar lebih banyak dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi, pertumbuhannya pun sangat berpengaruh bagi kesuburan habitat bunga Rafflesia jenis Ghadutensis ini.

“Memang dalam kurun waktu 3 bulan terakhir ini banyak sekali bunga Rafflesia jenis Ghadutensis ini mekar, ditambah lagi faktor curah hujan yang cukup tinggi. Pertumbuhannya sangat mempengaruhi kesuburan habitat bunga rafflesia ini,” tandasnya. (pili)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *