Berita  

Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Terapkan Konsep Digital Library

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi.

BENGKULU, redaksi88.com — Satu lagi terobosan yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu guna memberikan kemudahan kepada masyarakat. Dengan menerapkan konsep digital e-library (perpustakaan elektronik).

Setidaknya ada sebanyak tiga ribu koleksi buku yang dapat diakses oleh masyarakat. Unit layanan baru yang dilakukan ini, dimana nanti orang meminjam buku atau pun bisa melihat kondisi perpustakaan. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi mengatakan meskipun e-digital sudah ada namun penerapan perpustakaan keliling terus ditingkatkan.

“Minat baca perpustakaan seperti ‘Story Telling’ dan kegiatan-kegiatan lainnya juga akan terus kita benahi,” ujar dia baru-baru ini.

Meri Sasdi menambahkan, saat ini perpus masih buka untuk pelayanan pengembalian buku. Karena buku yang dipinjam masyarakat ada periode peminjaman dan memakai jaminan seperti KTP atau SIM.

“Saat ini kita tutup dan menunggu petunjuk dari pusat untuk pelayanan, dengan keterbatasan masa pandemi Covid 19 bukanlah dijadikan halangan. Kita sudah punya perpustakaan digital dan bisa diakses dengan men-download menggunakan play store,” jelas dia.

Lanjut Meri Sasdi, kalaupun membuka layanan pihaknya tentu menerapkan protokol kesehatan. Semuanya sudah dipersiapkan mulai dari alat pengukur suhu tubuh, sarana cuci tangan yang representatif.

“Pengunjung wajib pakai masker, batasan jarak antara petugas dengan pengunjung dan tempat baca sudah ada ketersediaan hand sanitizer,” pungkas dia. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *