Melalui Paripurna 7 Fraksi Setujui Raperda LKPj jadi Perda

Melalui Paripurna 7 Fraksi Setujui Reperda LKPj 2021 jadi Perda
7 fraksi dewan setujui Perda LKPj tahun anggran 2021.

REDAKSI88.com – Dalam rapat paripurna 7 Fraks DPRD Kabupaten Bengkulu Utara setujui Raperda Laporan Keuangan dan pertanggungjawaban (LKPJ) APBD tahun anggaran 2021 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Disetujuinya Perda LKPj tahun anggran 2021 ini berdasarkan rapat paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian kata akhir fraksi, Senin (27/6). 

Kendati disetujui menjadi Perda, berbagi koreksi dan catatan tidak lepas disampaikan oleh anggota legislatif kepada pihak eksekutif. 

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara SH yang didampingi langsung Waka I Juhaili SIp dan Waka II Herliyanto SIp. 

Sonti Bakara SH mengatakan, disetujuinya Raperda ini menjadi Perda oleh seluruh fraksi, didukung dengan dipenuhinya permintaan dari para anggota DPRD Bengkulu Utara terhadap salinan LHP BPK tahun 2021. 

Setelah dikaji secara bersama-sama pada tahapan rapat kerja legislatif dan eksekutif dan paripurna sebelumnya. Kendati disetujui para fraksi juga memberikan beberapa catatan. 

Diantaranya meminta kepada Bupati agar dapat mengintervensi semua OPD untuk dapat memaksimalkan anggaran penyerapan dan realisasi anggaran di tahun 2022 ini. Selain itu adanya upaya dari pihak eksekutif untuk meningkatkan PAD dari berbagai sektor.

“Ya, persetujuan ini lantaran telah dipenuhinya permintaan kita terhadap LHP BPK tahun 2021. Meski disetujui ada berbagi koreksi dan catatan yang disampaikan anggota dewan kepada pihak eksekutif,” terangnya.

Sementara itu, Bupati BU Ir H Mian menuturkan, semua masukan dan saran yang bersifat konstruktif dari semua fraksi akan segera disikapi dan ditindaklanjuti. 

Termasuk upaya peningkatan PAD dari berbagai sektor, termasuk dengan dana bagi hasil minyak CPO yang saat ini masih dalam proses.

“Semuanya akan kita tindak lanjuti termasuk dengan peningkatan PAD. Apalagi saat ini kita tengah proses dalam mengajukan ke pemerintah pusat terhadap dana bagi hasil minyak CPO, semoga usulan ini direalisasi,” tandasnya. 

Hadir dalam paripurna FKPD, OPD serta perangkat organisasi lainnya di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara. (YG4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *