Kunker Kemendes PDTT, Desa Kuat Negara Hebat

Mendes, Eko Putro Sandjojo.

Bengkulu Utara, redaksi88.com – Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kecamatan Padang Jaya.

Mengangkat tema sosialisasi penggunaan dana desa dengan motto “Desa Kuat Negara Hebat”.

Selain itu, ia menegaskan, di tahun 2019 berharap Alokasi Dana Desa lebih difokuskan pada pemberdayaan masyarakat. Dan juga berharap pemerintah desa mengelola Dana Desa yang disalurkan dengan arif sesuai dengan kebutuhan masyarakat

“Dari tahun 2015 hingga 2018 pembangunan infrastruktur mencapai 1.191.600 kilometer jalan desa. Di tahun 2019 ini kami berharap Alokasi Dana Desa mengerucut pada pemberdayaan masyarakat desa,” papar Eko, Rabu (06/2/2019).

Selain menggeliatkan roda perekonomian masyarakat desa, program pemberdayaan masyarakat ini diharapkan mampu menekan angka kemiskinan.

Eko mengungkapkan, dari data Badan Statistik angka kemiskinan Kabupaten Bengkulu Utara menurun di tahun 2018.

Menurut dia, angka kemiskinan saat ini jauh menurun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2016, berada pada posisi 13,67 persen. Tahun 2017 menurun menjadi 13,11 persen, dan di tahun 2018 turun pada angka 11,81 persen.

“Angka kemiskinan menurun, kita fokus ke pemberdayaan masyarakat,” tandasnya.

Kegaiatan ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara. Kepala FKPD dan SKPD se Kabupaten Bengkulu Utara. Kepala Desa serta Camat se Bengkulu Utara, dan ribuan masyarakat setempat. (pili)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *