Ini Himbauan Kapolres Bengkulu Utara Jelang Idul Fitri 1442 H

Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Anton Setyo Hartanto, SIK, MH. (tengah)

BENGKULU UTARA, R88 – Kepala Kepolisian Resor Bengkulu Utara, AKBP Anton Setyo Hartanto, SIK, MH menghimbau masyarakat agar tidak melakukan mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. 

Hal ini berkaitan sorotan meningkatnya status Covid 19 di Kabupaten Bengkulu Utara. Ditambah lagi SE Mendagri Nomor 10 tahun 2021 bahwa Provinsi Bengkulu ditetapkan daerah yang melaksanakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

“Kami menghimbau kepada masyarakat, agar lebih Hati-hati lagi menjalankan aktivitas di akhir ramadhan ini dan menjelang Hari Raya,” kata Kapolres, (7/5).

Selain itu kata Kapolres, untuk mengantisipasi kejahatan dan tindak pidana dalam melakukan aktivitas di Pasar maupun di luar rumah untuk dapat berhati-hati, karena tidak menutup kemungkinan kejahatan bisa terjadi.

Menindaklanjuti himbauan dari Gubernur maupun Bupati bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ibadah Idul Fitri dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi Masing-masing.

“Terkhusus saya mengingatkan hasil dari penyampaian dari Kepala Dinas Kesehatan bahwa Bengkulu Utara masuk dalam zona orange, sehingga perlu pemahaman masyarakat dalam melaksanakan kegiatan,” jelas Kapolres.

Selanjutnya, keluarnya SE Menteri Agama terkait dengan tata cara dalam pelaksanaan ibadah. Kapolres pun menandaskan, tidak ada takbir keliling dan untuk tempat-tempat wisata, mulai 12 sampai dengan 16 Mei ditutup.

“Takbir hanya dilaksanakan di tempat ibadah yakni Musholla, kita akan bantu pemerintah. melalui sarana ini kita menghimbau masyarakat tidak usah melaksanakan kegiatan berwisata nantinya yang akan merugikan kita semua. 

Kemudian ditambahkan Kapolres, dalam kegiatan operasi Ketupat 2021, pihaknya menerjunkan 90 personil anggota. Dibagi menjadi tiga Pos yakni Air Napal, Giri Mulya dan Putri Hijau.

“Untuk yang di Argamakmur yang tidak terlibat di Pos, kita akan maksimalkan untuk kegiatan nantinya untuk mengantisipasi malam takbiran pengaman Idul Fitri dan Sholat Id,” pungkas Kapolres.

Kapolres berharap kepada masyarakat, agar melaksanakan perayaan hari Raya Idul Fitri di rumahnya masing-masing dengan keluarga inti saja. Dan gunakanlah sarana yang ada dengan teknologi yang ada seperti saat ini. [pri]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *