Bengkulu Utara, redaksi88.com — Mau tahu, ternyata akar bahar bukan akar tumbuhan ataupun akar tanaman. Faktanya, ternyata akar bahar adalah hewan laut.

Jika diteliti secara cermat, akar bahar hewan laut yang termasuk kedalam keluarga Anthoza, yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Secara harfiah “Akar Bahar” berarti akar dari laut, perpaduan kata “Akar” (Bahasa Indonesia) dan kata “Bahar” (bahasa Arab) yang artinya laut.

Meskipun bentuknya seperti pohon kecil, akar bahar sebenarnya adalah jenis hewan laut yang mempunyai sejuta khasiat meskipun sudah dibentuk menjadi souvenir.

Kedai “Edi Sulaiman Kitab” satu-satunya pusat souvenir di Terminal Kota Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara, menyediakan souvenir bahan dari akar bahar.

Pria yang berperawakan kecil yang biasa disapa, edi ini, sekelumit menceritakan awal mula dirinya sebagai pengrajin souvenir yang menggunakan bahan dari akar bahar.

“Awalnya tertarik karena keunikan binatang laut ini, dahulu saya berfikiran kalau akar bahar ini tumbuhan kayu dari laut, ternyata akar bahar berasal dari binatang laut,” ungkapnya. Jumat (11/01).

Cara memperoleh akar bahar tidaklah mudah, apalagi mendapatkan yang super atau yang bagus. akar bahar ini ia dapatkan dari para nelayan lokal dan juga memesan akar bahar dari daerah Jawa.