Travel  

Edi Sulaiman Kitab: Ternyata Akar Bahar Keluarga Anthoza

Edi Sulaiman Kitab.

Bengkulu Utara, redaksi88.com — Mau tahu, ternyata akar bahar bukan akar tumbuhan ataupun akar tanaman. Faktanya, ternyata akar bahar adalah hewan laut.

Jika diteliti secara cermat, akar bahar hewan laut yang termasuk kedalam keluarga Anthoza, yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Secara harfiah “Akar Bahar” berarti akar dari laut, perpaduan kata “Akar” (Bahasa Indonesia) dan kata “Bahar” (bahasa Arab) yang artinya laut.

Meskipun bentuknya seperti pohon kecil, akar bahar sebenarnya adalah jenis hewan laut yang mempunyai sejuta khasiat meskipun sudah dibentuk menjadi souvenir.

Kedai “Edi Sulaiman Kitab” satu-satunya pusat souvenir di Terminal Kota Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara, menyediakan souvenir bahan dari akar bahar.

Pria yang berperawakan kecil yang biasa disapa, edi ini, sekelumit menceritakan awal mula dirinya sebagai pengrajin souvenir yang menggunakan bahan dari akar bahar.

“Awalnya tertarik karena keunikan binatang laut ini, dahulu saya berfikiran kalau akar bahar ini tumbuhan kayu dari laut, ternyata akar bahar berasal dari binatang laut,” ungkapnya. Jumat (11/01).

Cara memperoleh akar bahar tidaklah mudah, apalagi mendapatkan yang super atau yang bagus. akar bahar ini ia dapatkan dari para nelayan lokal dan juga memesan akar bahar dari daerah Jawa.

“Kalau akar bahar lokal saya dapat memesan dari nelayan pulau Enggano, tidak jarang juga saya harus memesan akar bahar ini ke daerah jawa,” jelasnya.

Meskipun bentuk asli akar bahar tidak menarik, seperti batang tumbuhan yang mempunyai tekstur kulit yang kasar dan bentuk yang tidak lurus.

Namun dengan keahlian dan kepandaian serta tangan halusnya mampu membuat banyak souvenir yang bisa digunakan sehari-hari dan dirasakan manfaatnya.

“Gelang, kalung tasbih, dan jenis souvenir yang lainnya, saya membuat souvenir ini sesuai dengan pesanan yang diinginkan pembeli,” pungkasnya.

Selain dimitoskan mempunyai Khasiat, kalau dijadikan pipa rokok ternyata bisa menjadi solusi untuk mengurangi efek buruk perokok.

Gelang dan kalung akar bahar bisa menjadi aksesoris pelengkap kecantikan untuk para wanita, dan aksesoris ini di yakini juga menjaga sirkulasi udara positif di sekitar anda.

Untuk harga dijamin terjangkau, gelang berkisar harga 100.000,- sampai 150. 000,- sedangkan untuk kalung mulai dari Rp. 200.000,- sampai Rp. 350.000,-.

Bagi yang berminat dan tertarik dengan souvenir dari akar bahar dan khasiatnya? silahkan kunjungi Kedai “Edi Sulaiman Kitab” Pasar Purwodadi, Terminal Argamakmur, Bengkulu Utara, Hp/WA: 0822 8943 7272. (pili)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *