Argamakmur Ku Sayang

  • Share
Jalan Kota Argamakmur Bengkulu Utara.

By Rizal Piliank

Kota Arga Makmur merupakan Ibukota Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Kabupaten tua, dilakukan pemekaran menjadikan dua kabupaten baru yakni, Kabupaten Mukomuko ada awal tahun 2003 dan Kabupaten Bengkulu Tengah April 2006. Ibukota kabupaten yang berslogan “Bersatu, Bekerja, Berdoa, Berhasil”.

Seperti beberapa daerah lainnya, selain masyarakat yang majemuk, Kota Arga Makmur juga memiliki wisata religi. Apalagi beragam agama bersatu padu, berdampingan, saling menghormati dan menghargai keyakinan satu sama lain. Memang Kota Argamakmur merupakan salah satu kabupaten yang Pancasilais.

Tapi ingat sanak! bila mau berkunjung ke Kota Argamakmur, sebaiknya berhati-hati. Bila berkendaraan kurangi kecepatan. “Agak di rem-rem dikit, kalau idak, pasti sanak merasokan naik delman alias pedati”, kecek orang melayu Bengkulu.

Nah….. Pertanyaannya, dengan kurang nyamannya sarana jalan. Apakah pemegang kebijakan, pemerintah daerah ini pura-pura tidak tahu ataukah tak tahu menahu, apa mungkin dia sibuk? Dengan kondisi yang dirasakan rakyatnya.

Atau mungkin, rencana maupun wacana yang sudah ada soal sarana jalan yang mirip naik pedati hanya sebatas “Lip Service“, dan sebatas angin surga semata.

Masih terngiang kutipan bijak seorang pemimpin fenomenal, “Ketika orang memiliki kebulatan tekad, maka ia akan dapat mengatasi segala sesuatu”, Nelson Mandela. Mungkin begitu pula yang diinginkan rakyat Bengkulu Utara kepada pemimpinya.

Harapan sebatas harapan, yang di-ingin hanya sebatas angan-angan. Mimpi hanya sebatas bayang-bayang. Mungkin dan semoga apa yang dicita-citakan akan menjadi wujud nyata bagi pemimpin yang peka, untuk rakyatnya.

Situasi dan kondisi kabupaten apapun itu, merupakan amanah. Sebagai konsekuensinya rakyat Bengkulu Utara tentunya tidak akan memilih kepemimpinan yang cuek dan tidak amanah. Tentunya, “Kalau tak terada-ada, tak kan burung tempua bersarang rendah”.

Penulis tinggal di Argamakmur Bengkulu Utara.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *