Site icon Redaksi88.com

147 BUMDes di Bengkulu Utara, Tujuh Peringkat Badan Usaha Berkembang

Ilustrasi.

REDAKSI88.COM– Sedikitnya 147 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara yang dikelola secara mandiri oleh Pemerintah Desa. Berdasarkan update data BUMDes per Desember 2023 hanya dua desa yang masuk kategori badan usaha yang berkembang. 

Dimana BUMDes yang dibentuk desa dan dikelola oleh Pemerintah Desa, sebagian besar modal usahanya dari desa, yang tidak lain tujuannya adalah digunakan untuk kesejahteraan desa. 

Seperti halnya 147 desa yang memiliki BUMDes di Bengkulu Utara, berbagai usaha diciptakan untuk memajukan badan usaha yang sudah direncanakan. Seperti bisnis sosial, jasa penyewaan, perdagangan, keuangan, perantara (layanan), usaha dan pariwisata. 

Adapun BUMDes yang masuk peringkat badan usaha yang berkembang diantaranya BUMDes Mitra Usaha Desa Karang Suci, BUMDes Sejahtera Bersama Desa Tanjung Anom dan BUMDes Amanah Rakyat Desa Wono Harjo serta BUMDes Luhur Sepakat Desa Sido Luhur. 

Selanjutnya, BUMDes Sumber Rejo Mulyo Desa Sumber Rejo, BUMDes Makmur Lestari Desa Bukit Makmur, BUMDes Mandiri Harjo Desa Bumi Harjo. Sedangkan 140 BUMDes lainnya masih peringkat perintis dan pemula. 

Exit mobile version